Senin, 06 Februari 2012

Berbuat Baik Setiap Hari


Galatia 6:9
Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

Rasul Paulus mengajarkan kepada kita untuk tidak bosan berbuat baik “Sebab itu, janganlah kita menjadi bosan melakukan hal-hal yang baik; sebab kalau kita tidak berhenti melakukan hal-hal itu sekali kelak kita akan menuai hasilnya. Kesetiaan kita melakukan perbuatan baik, diperhatikan oleh Allah dengan menjanjikan bahwa kita pasti akan menuai hasil dari setiap perbuatan baik yang kita lakukan.
Tidak cukup dampak secara rohani saja, tetapi juga secara fisik. Hasil penelitian fakultas psikologi The University of Michigan, AS, menunjukkan bahwa berbuat baik ternyata memperpanjang umur! Selain itu, hatinya tenang dan hormon baik dalam tubuhnya akan berkembang. Terbentuklah tubuh yang sehat. Seperti itulah hubungan sederhananya.  Berangkat dari kepuasan batin, kesehatan jasmani seseorang bisa dibentuk. Ini karunia yang tiada tara nilainya dan sepantasnya kita jalankan sebaik-baiknya.
Berbuat baik itu bisa dilakukan dengan cara apa saja. Tersenyum, memberi jalan bagi orang yang terburu-buru, atau mengucapkan terima kasih adalah cara berbuat baik yang sederhana. Pasti bisa dilakukan oleh siapa saja. Apa sulitnya menyapa, menyalami dan menerima orang dengan senyum ramah? Apa sulitnya memperlakukan semua orang dengan kasih, kemurahan, dan rasa hormat? Berbuat baik itu tidak ada ruginya! Berbuat baik itu membuat hidup kita menjadi lebih indah! Karena itu, mari membiasakan diri berbuat baik. Mulailah dari diri kita sendiri, saat ini. (PH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar