Senin, 06 Februari 2012

Kontrak Pembelajaran Bimbingan Konseling


KONTRAK PEMBELAJARAN
















BIMBINGAN KONSELING

Semester Genap/ 2 SKS

Program Studi : Teologia


Oleh : Pestaria Happy Kristiana, S.H, M.PdK
















SEKOLAH TINGGI ALKITAB JEMBER
PROGRAM STUDI TEOLOGIA
2012

  I.       Identifikasi Mata Kuliah
Program Studi               : S-1 Teologi
Mata Kuliah                   : Bimbingan Konseling
Bobot                              : 2 SKS
Semester                       : Genap
Standar Kompetensi    : Mahasiswa mampu memahami tentang bimbingan konseling dan tehnik mengkonseling dalam menghadapi berbagai masalah.

      II.      Manfaat Mata Kuliah
Mata kuliah bimbingan konseling ini bermanfaat dalam pelayanan mahasiswa baik secara pribadi maupun kepada anggota gereja secara lebih luas. Dalam mata kuliah ini mahasiswa dibekali bagaimana menolong orang lain (jemaat) melalui pelajaran bimbingan konseling  yang di dalamnya dijelaskan tentang seluk beluk konseling. Serta mahasiswa dapat membantu jemaat dalam mendeteksi persoalan yang dihadapi dengan menggunakan tehnik-tehnik konseling.

    III.      Deskripsi Mata Kuliah
Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi : hakekat konseling yang mempelajari tentang pengertian konseling, kualifikasi seorang konselor, dasar Alkitab konseling dll. Berikutnya, membahas tentang tehnik konseling yaitu ketrampilan dasar konseling dan pedoman untuk menganalisa kasus. Akhirnya, mempelajari masalah-masalah jemaat yaitu gangguan psikosomatik, gangguan kepribadian, gangguan jiwa dan masalah-masalah umum (Kemarahan, cemburu, kecemasan, rendah diri, kesepian, rasa bersalah, dukacita).

   IV.      Kompetensi Dasar dan Indikator
1.        Mahasiswa mampu menjelaskan Hakekat Konseling.
a.         Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian konseling
b.         Mahasiswa mampu menjelaskan tujuan konseling
c.          Mahasiswa mampu memaparkan kualifikasi konselor
d.         Mahasiswa mampu menjelaskan Dasar Alkitab Konseling

2.        Mahasiswa mampu untuk memaparkan tentang Ketrampilan memperhatikan dan mendengar
a.         Mahasiswa mampu menyatakan pentingnya memperhatikan dan mendengarkan
b.         Mahasiswa mampu menguraikan tentang orentasi pada konseli
c.         Mahasiswa mampu menjabarkan tentang  komunikasi lisan

3.        Mahasiswa mampu menjelaskan tentang ketrampilan menanggapi berita
a.         Mahasiswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri tanggapan yang baik
b.         Mahasiswa mampu menjabarkan tentang jenis-jenis tanggapan konselor

4.        Mahasiswa mampu memaparkan tentang Ketrampilan menunjukkan empati
a.         Mahasiswa mampu memaparkan tentang pengertian empati
b.         Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang langkah-langkah menunjukkan empati
c.          Mahasiswa mampu menjelaskan contoh-contoh menunjukkan empati
5.        Mahasiswa mampu menjelaskan tentang menghindari kemacetan dalam konseling dan memahami secara integratif
a.         Mahasiswa mampu memaparkan cara menghindari kemacetan dalam konseling
b.         Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang cara mengembangkan perspektif-perspektif baru

6.        Mahasiswa mampu menggambarkan tentang pedoman analisis dalam mengkonseling
a.         Mahasiswa mampu menjelaskan tentang analisis Antropologis
b.         Mahasiswa mampu menjelaskan tentang analisis sosiologis
c.         Mahasiswa mampu memahami tentang analisis fisik
d.         Mahasiswa mampu menjelaskan tentang analisis psikologis
e.         Mahasiswa mampu menerangkan tentang spiritual
f.          Mahasiswa mampu mengemukakan tentang analisis teologis
g.         Mahasiswa mampu mengemukakan langkah-langkah dalam mengadakan analisis menyeluruh

7.        Mahasiswa mampu menceritakan tentang Gangguan Jiwa
a.         Mahasiswa mampu mengemukakan macam-macam gangguan jiwa
b.         Mahasiswa mampu menganalisis penyebab gangguan jiwa

8.        Mahasiswa mampu menjelaskan tentang gangguan kepribadian
a.         Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang pengertian gangguan kepribadian
b.         Mahasiswa mampu menjelaskan patokan gangguan kepribadian
c.         Mahasiswa mampu menyebutkan berbagai jenis gangguan kepribadian

9.        Mahasiswa mampu menjelaskan tentang gangguan psikosomatik
a.         Mahasiswa mampu menerangkan sebab timbulnya dan gejala
b.         Mahasiswa mampu memapaparkan berbagai jenis gangguan psikosomatik

10.    Mahasiswa mampu memaparkan tentang masalah-masalah umum yang sering terjadi
a.         Mahasiswa mampu menjelaskan tentang kemarahan
b.         Mahasiswa mampu menjelaskan tentang cemburu
c.          Mahasiswa mampu memaparkan tentang kecemasan
d.         Mahasiswa mampu menceritakan tentang rendah diri
e.         Mahasiswa mampu menerangkan tentang kesepian
f.           Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang rasa bersalah
g.         Mahasiswa mampu mendeskripsikan tetang duka cita

     V.      Organisasi Materi
Materi disampaikan secara berurutan sesuai dengan kompetensi yang ada
                                                                                                                                                                                                                                                                                
   VI.      Strategi Pembelajaran
Perkuliahan ini akan menggunakan gabungan beberapa metode, yaitu: ceramah, seminar, dan diskusi. Dosen memberikan penjelasan sebagian dari pokok bahasan dan sebagian lainnya merupakan penyampaian gagasan dari para mahasiswa, baik berupa pendapat pribadi maupun hasil riset kepustakaan. Mahasiswa akan diberi tugas untuk mengadakan riset dari topik-topik yang disepakati untuk akhirnya dipresentasikan dan didiskusikan di kelas sesuai dengan jadwal yang disepakati.

 VII.      Sumber Pelajaran
1.    Yakub B. Susabda, Pastoral Konseling, jilid 1, Gandum Mas, Malang.
2.    Yakub B. Susabda, Pastoral Konseling, jilid 2, Gandum Mas, Malang
3.    Aart Martin Van Beek, Konseling Pastoral, Satya Wacana, Semarang.
4.    W.F. Maramis, Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa, Airlangga University Press, cetakan ke-9, Surabaya, 2005
5.    Gary Colin, Konseling Yang Efektif, Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang, 1985
6.    Roger F. Hurding, Christian Care and Counseling, Morehouse - Barlow Co., Inc. Wilton, CT, USA, 17 – 20
7.    Michael J. Anthony, Foundations of Ministry, A BridgePoint Book, Illinois, 1992, 331 – 333

     VIII.      Penilaian dan Kriteria Pembelajaran
Penilaian :
a.      Perilaku
b.      Tugas-1 laporan bacaan : buatlah suatu laporan bacaan terhadap sebuah buku yang terkait dengan bimbingan konseling --- Dikumpulkan tgl. 29 Februari 2012 (15%)
c.       Tugas-2: Presentasi (15%)
d.      Ujian Tengah Semester (UTS) --- 25%
e.      Ujian Akhir Semester (UAS) --- terbagi menjadi dua bagian yaitu penguasaan teori (ujian tulis akhir semester) 15% dan praktek konseling dengan mencari kasus di Koran kemudian dianalisi sesuai dengan yang diajarkan (20%) dikumpulkan pada saat ujian akhir semester.

Kriteria Penilaian                                                                    Bobot
1.      Perilaku                                                                                 10                                       
2.      Tugas Paper                                                                          30
3.      Ujian Tengah Semester                                                        25
4.      Ujian Akhir Semester                                                            35
                                                                                                            100

Nilai akhir :
(N1 x 10) + (N2 x 30) + (N3 x 25) + (N4 x 35)
                                                   100
Nilai A    =    95-100
Nilai A-   =    90-94
Nilai B+  =    85-89
Nilai B    =    80-84
Nilai B-   =    75-79
Nilai C+  =    70-74
Nilai C    =    65-69
Nilai C-   =    60-64

Nilai di bawah C, harus mengulang kembali mata kuliah ini 


      IX.     Jadwal Pembelajaran

Minggu ke
Materi
Sumber Belajar
Keterangan
I/02 Februari 2012
·         Kontrak Pembelajaran
·         Hakekat Konseling:

Gary  R. Collins, Konseling Kristen Yang Efektif, Malang: SAAT,1996 (52-63)

Roger F. Hurding, Christian Care and Counseling, Morehouse - Barlow Co., Inc. Wilton, CT, USA, 17 - 20

Michael J. Anthony, Foundations of Ministry, A BridgePoint Book, Illinois, 1992, 331 – 333
Kamis
II/09 Februari 2012
·         Ketrampilan memperhatikan dan mendengar



·         ketrampilan menanggapi berita
§  Jennifer Toisuta, Ketrampilan memperhati-kan dan mendengar-kan, (59-63)

§  Kristiana Tjandrarini, Menanggapi berita, (67-71)

Kamis
III/16 Februari 2012
·         Ketrampilan menunjukkan empati
·         Menghindari kemacetan dalam konseling dan memahami secara integratif
J.T. Lobby Loekmono, (73-78)
Kamis
IV/23 Februari 2012
Analisis dalam mengkonseling
§  Aart Martin Van Beek, Konseling Pastoral, cetakan 1, Percetakan SW, Semarang, 1987 (141-154)

§  Aart Martin Van Beek, Konseling Pastoral, cetakan 1, Percetakan SW, Semarang, 1987 (141-154)

§  Aart Martin Van Beek, Konseling Pastoral, cetakan 1, Percetakan SW, Semarang, 1987 (141-154)
Kamis
V/01 Maret 2012
Analisis dalam mengkonseling
§  Aart Martin Van Beek, Konseling Pastoral, cetakan 1, Percetakan SW, Semarang, 1987 (141-154)

§  Aart Martin Van Beek, Konseling Pastoral, cetakan 1, Percetakan SW, Semarang, 1987 (141-154)

§  Aart Martin Van Beek, Konseling Pastoral, cetakan 1, Percetakan SW, Semarang, 1987 (141-154)

§  Aart Martin Van Beek, Konseling Pastoral, cetakan 1, Percetakan SW, Semarang, 1987 (141-154)
Kamis
VI/08 Maret 2012
Gangguan Jiwa
W.E. Maramis, ilmu Kedokteran Jiwa, Airlangga Universty Press, cet.5, 2005, (91-128)
Kamis
VII/15 Maret 2012
Ujian Tengah Semester
VIII/22 Maret 2012
Gangguan Jiwa
W.E. Maramis, ilmu Kedokteran Jiwa, Airlangga Universty Press, cet.5, 2005, (131-144)
Kamis
IX/29 Maret 2012
Gangguan kepribadian
W.E. Maramis, ilmu Kedokteran Jiwa, Airlangga Universty Press, cet.5, 2005, (281-296)
Kamis
X/05 April 2012
Gangguan kepribadian
W.E. Maramis, ilmu Kedokteran Jiwa, Airlangga Universty Press, cet.5, 2005, (281-296)
Kamis
XI/12 April 2012
Gangguan psikosomatik
W.E. Maramis, ilmu Kedokteran Jiwa, Airlangga Universty Press, cet.5, 2005, (339-349)
Kamis
XII/19 April 2012
Gangguan psikosomatik
W.E. Maramis, ilmu Kedokteran Jiwa, Airlangga Universty Press, cet.5, 2005, (356-371)
Kamis
XIII/03 Mei 2012
·         Kemarahan







·         Cemburu
§  Yakub B. Susabda, Pastoral Konseling, Jilid 2, Yayasan Penerbit Gandum Mas, Malang, 2000, 6-19

§  Yakub B. Susabda, Pastoral Konseling, Jilid 2, Yayasan Penerbit Gandum Mas, Malang, 2000, 19-30
Kamis
XIV/
·         Rendah diri







·         Kesepian
§  Yakub B. Susabda, Pastoral Konseling, Jilid 2, Yayasan Penerbit Gandum Mas, Malang, 2000, 48-60

§  Yakub B. Susabda, Pastoral Konseling, Jilid 2, Yayasan Penerbit Gandum Mas, Malang, 2000, 61-77
Kamis
XV
·         Rasa bersalah







·         Duka cita

§  Yakub B. Susabda, Pastoral Konseling, Jilid 2, Yayasan Penerbit Gandum Mas, Malang, 2000, 78-91

§  Yakub B. Susabda, Pastoral Konseling, Jilid 2, Yayasan Penerbit Gandum Mas, Malang, 2000, 92-108

Kamis
XVI/11 Mei 2012
Ujian Akhir Semester

                             
                  Dosen                                                           Perwakilan Mahasiswa


















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar